Proses Terpilihnya, Sosok Ketua Baru Mapala UMI Periode 2016-2017

Mapala UMI Makassar kembali melaksanakan musyawarah besar (Mubes) yang ke17 kalinya‎. Acara demokrasi yang sejatinya dilaksanakan setahun sekali ini berlangsung selama tiga hari yaitu Jumat hingga Minggu 31 Juli 2016 di Auditorium Aljibra, Kampus UMI.

Lewat pesta demokrasi tersebut, Anriadi mahasiswa asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpilih menjadi ketua umum Mapala UMI Makassar untuk periode 2016-2017.

Anriadi bergabung ke UKM Mapala UMI pada 2014 dengan nama angkatan Riuh Bahana. Menyelesaikan jenjang pendidiknnya saat ia bergabung ke dalam tim Panjat Tebing. Sempat menjadi pengurus pada periode sebelumnya, menjabat sebagai anggota Bidang Advokasi dan Lingkungan.

Sebelum dilakukan pemilihan ketua umum, beberapa agenda pembahasan mengisi Musyawarah Besar tersebut, seperti pembahasan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dari pengurus, sidang pleno 1 membahas Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, (AD/ART) Peraturan Pokok Organisasi (PPO) Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan Mekanisme Kerja Organisasi (MKO).

Laporan pertanggung jawaban dari pengurus periode sebelumnya berjalan sangat alot selama satu hari yang dihadiri 104 peserta Mubes. Dengan begitu perdebatan panjang pun terjadi didalam forum Mubes. Satu persatu peserta mengeluarkan pendapat dan kritikan mereka kepada  pengurus.

Dihari ke-3 Mubes yang dirangkaikan dengan acara Halal Bi Halal, tiga tim penomoran juga ikut mengisi acara Mubes tersebut, dengan agenda acara pengukuhan kepada tiga tim penomoran atau tim ekspedisi yang melakukan pengambilan nomor registrasi anggota (NRA).

 Acara pengukuhan ini berlangsung meriah dengan kehadiran sejumlah anggota Mapala UMI dari berbagai angkatan. Mereka turut menyaksikan acara sakral tersebut.

‎Tiga tim yang dikukuhkan, adalah TTim Diving Boalemo, Tim Gunung Huta Buntu Lantangunta 2015, dan Tim Gunung Hutan Mekongga. ‎Acara pengukuhan diluar forum tepatnya dipelataran halaman depan Auditorium Aljibra.



Prosesi pengukuhan dilakukan oleh beberapa dewan senior yang ditunjuk untuk mengalungkan slayer kepada anggota masing-masing tim penomoran.


Mubes dilanjutkan, dengan menentukan bakal calon, ada 10 bakal calon dengan pertimbangan dan perdebatan yang panjang  antar bakal calon. Setelah diskusi yang panjang akhirnya  dua orang anggota yang  mencalonkan sebagai Ketua Umum Mapala UMI Makassar yaitu Muh. Sofyan Syah dengan nomot urut 01 angkatan Riuh Bahana dan Anriadi dengan nomor urut 02 angkatan Riuh Bahana.

Kedua calon ketua, memaparkan Visi dan misinya dihadapan peserta Mubes. Diberi waktu 10 menit, serta tanya jawab.‎ Kegiatan berlangsung lancar, waktu yang di tunggu-tunggu telah tiba setelah mendengar visi-misi dari calon ketua, yaitu pemilihan Ketua Umum.


Wahyu angkatan Gema Semesta ‎yang memimpin sidang, membacakan aturan proses pemilihan. Proses‎ pemilihan dengan menyebut nama satu persatu anggota Mapala UMI sesuai daftar nama di Absen. Peserta melakukan pemilihan secara tertib, setiap anggota yang disebut namanya langsung berdiri mengambil kertas suara di meja panitia. Kemudian menuju ke bilik suara untuk mencoblos secara tertutup.

Waktu yang bendebarkan tiba yaitu perhitungan suara dengan saksi Kanda Fitri angkatan Gema Semesta dan Kanda Jusman angkatan Gema Semesta. Perhitungan suara secara terbuka. Dua calon ketua Mapala UMI juga ikut menyaksikan perhitungan suara tersebut. Kandidat nomor urut 1 Muh Sofyan Syah dan Kandidat nomor urut 2 Andriadi tampak was-was menunggu hasil perhitungan suara yang dibacakan pimpinan sidang.



Hasilnya, mengunggulkan kandidat nomor urut 2 Andiriadi. Dia meraih suara terbanyak cukup sangat signifikan dengan jumlah 68 suara. Sedangkan pesainnya kandidat nomor urut 1 Muh. Sofyan Syah hanya memperoleh 34 suara. Jumlah keseluruhan suara yaitu sebanyak 104 dari anggota yang hadir ikut memilih.

‎Andriadi adalah mahasiswa asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tersebut akhirnya terpilih menjadi ketua umum Mapala UMI Makassar untuk periode 2016-2017.  Andriadi pertama kali bergabung ke Mapala UMI pada 2014 dengan nama angkatan Riuh Bahana. Andriadi sendiri menyelesaikan jenjang pendidiknnya saat ia bergabung ke dalam tim Panjat Tebing. Sempat menjadi pengurus pada periode sebelumnya, menjabat sebagai anggota Bidang Advokasi dan Lingkungan.

Ditulis Oleh : Sasi Munisa Asmin, Angkatan Muda

1 komentar:

  1. Salam Rimba.....
    selamat atas terpilihnya saudara ANRIADI, sebagai ketua MAPALA UMI MAKASSAR Preode 2016-2017...
    jaya MAPALA UMI................

    BalasHapus