Sekilas Tentang Temu Akbar Mapala se-Nusantara 2016 di Makassar

Logo TWKM ke 28
Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) merupakan  pertemuan akbar antar Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) tingkat universitas. Agenda yang dilaksanakan setahun sekali ini  untuk mempertemukan antar anggota Mapala se-Nusantara baik itu dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

TWKM terbagi dalam dua kegiatan, yakni TW dan KM, Temu Wicara (TW) merupakan pertemuan yang diikuti oleh setiap anggota Mapala untuk melakukan pembahasan dan pemecahan masalah yang sudah, sedang dan akan terjadi terkait dengan permasalahan lingkungan hidup. Temu wicara sendiri seperti pentelengaraan  kongres, mukhtamar atau sidang. Hal ini dikarenakan pertemuan tersebut membahas tentang organisasi, alam, dan lingkungan.

Sedangkan kenal medan (KM) adalah kegiatan berbentuk pengenalan alam sekitar (Outdoor) oleh organisasi mahasiswa pencinta alam yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Bentuk kegiatannya seperti jelajah hutan rimba, pendakian gunung (mountainering), penyelusuran gua (caving), pemanjatan tebing (rock climbing), penyelaman (diving), dan arung jeram (rafting).

Pada TWKM ke-28 kali ini, tahun 2016, akan berlangsung di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dimana kegiatan TWKM ini nantinya diselenggarakan oleh Mapala UMI. Terpilihnya Mapala UMI sebagai penyelenggara atau tuan rumah kegiatan ini, berdasarkan hasil dari pemilihan di kegiatan TWKM ke 27 di Kota Karawang, pada 09 November 2015 lalu.

Sehinnga Mapala UMI dipercayakan, sebagai penyelenggara TWKM berikutnya di Sulsel.


Konsep pertama TWKM adalah seluruh Mahasiswa Pecinta Alam se Nusantara akan dipertemukan dalam satu ruangan guna membahas tujuan diadakannya TWKM dengan berbagai pikiran. Pertama, para mahasiswa pecinta alam atau peserta yang mengikuti kegiatan ini terlebih dahulu melaksanakan temu wicara (TW) untuk membicarakan peran Mapala dalam dinamika kampus. Kemudian di lanjutkan dengan kenal medan yaitu kegiatan yang berbentuk pengenalan alam sekitar Kenal Medan (KM).

Pada TWKM yang ke 28 akan berlangsung pada 17 Oktober sampai 22 Oktober 2016 mendatang, terpilihnya Mapala UMI sebagai tuan rumah bukan hanya sebatas dipilih, tetapi seluruh rekan Mapala se Nusantara mempercayakan kegiatan besar ini dilangsungkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Oleh: Nunung Hareani,RBH

14 komentar:

  1. Sukseskan TWKM,Kamipun bangga

    BalasHapus
  2. Sukseskan TWKM,Kamipun bangga

    BalasHapus
  3. sukses TWKM menghasilkan kebaikan untuk semua ,,saalam

    BalasHapus
  4. Semoga sukses . Saya Bangga TWKM bisa di mks lagi.

    BalasHapus
  5. Berbuat demi kebaikan adalah ibadah

    Sukses buat saudaraq d MPL UMI. Sebagai tuan rumah

    Berikan yg terbaik buat pecinta lingkungan

    BalasHapus
  6. Berbuat demi kebaikan adalah ibadah

    Sukses buat saudaraq d MPL UMI. Sebagai tuan rumah

    Berikan yg terbaik buat pecinta lingkungan

    BalasHapus
  7. Sukses buat mapala umi dan mapala perguruan tinggi se indonesia..semoga TWKM kali ini mampu memberi konstribusi positif bagi lingkungan

    BalasHapus
  8. Sukses buat mapala umi dan mapala perguruan tinggi se indonesia..semoga TWKM kali ini mampu memberi konstribusi positif bagi lingkungan

    BalasHapus
  9. salam lestari ... semoga sukses TWKM di Makassar

    salam dari Mapetala Unib Bengkulu

    BalasHapus
  10. Salam Lestari........
    Smuga SAKSES,,,,,TWKM... ke 28.....2016,,,,MAPALA UMI MAKASSAR,,..

    BalasHapus
  11. Salam Lestari........
    Smuga SAKSES,,,,,TWKM... ke 28.....2016,,,,MAPALA UMI MAKASSAR,,..

    BalasHapus