Peringatan Hari-Hari yang Berkaitan Dengan Lingkungan


Banyak sekali tanggal-tanggal peringatan yang terkait dengan lingkungan. Mari kita simak beberapa di antaranya.



JANUARI

belum tercatat

FEBRUARI

2 Februari
 World Wetland Day atau Hari Bakau Sedunia. Pada hari ini, pada tahun 1971, Konvensi Ramsar mengenai Lahan Basah yang Penting secara Internasional ditandatangani Wetlands adalah bagian yang sangat penting dari keanekaragaman hayati kita dan itu sangat penting untuk melihat bahwa mereka terlindung dengan baik.

28 Februari
 National Science Day- Hal ini diperlukan untuk menyoroti peran ilmu pengetahuan dalam perlindungan lingkungan hari ini harus diambil sebagai platform untuk mengedepankan pesan.

MARET

21 Maret World Forestry Day atau Hari Kehutanan Dunia – Kegiatan seperti penanaman pohon dan menyoroti urgensi untuk meningkatkan penutup hijau.

22 Maret
  World Water Day Hari Air Sedunia - Keputusan untuk merayakan hari ini telah diambil baru-baru ini sumber air minum yang cepat menipis. Dunia harus bangun untuk masalah dan mulai melestarikan itu.
23 Maret World Meteorological Day atau Hari Meteorologi Dunia – Setiap orang harus diingatkan bahwa cuaca merupakan bagian integral dari lingkungan.


APRIL

7 April World Health Day atau Hari Kesehatan Dunia -. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merupakan hari ini pada tahun 1948 Dalam perubahan lingkungan sekitar kita kesehatan menjadi isu penting.

18 April World Heritage Day atau Hari Peninggalan Pusaka Dunia – Lingkungan meliputi tidak hanya lingkungan alam, tetapi juga yang buatan manusia.

22 April  Earth Day atau Hari Bumi -. Pada tahun 1970 sekelompok orang di Amerika Serikat berkumpul untuk menarik perhatian dunia terhadap masalah-masalah yang menyebabkan bumi rusak akibat modernisasi. Sejak itu hari ini telah dirayakan di seluruh dunia sebagai Hari Bumi.

Hari Jumat terakhir bulan April Arbor Day, waktu yang paling baik untuk menanam pohon

MEI

3 Mei International Migratory Bird Day atau Hari Migrasi Burung Sedunia.

22 Mei World Biodiversity Day atau Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia  digagas oleh PBB dan diperingati untuk mempromosikan keanekaragaman hayati.

31 Mei Anti Tobacco Day atau Hari Anti Tembakau – Dunia ini sekarang menyadari masalah yang dihadapi oleh bukan hanya perokok, tetapi juga orang-orang yang menghirup asap Anda dapat mengambil kampanye anti merokok dalam keluarga atau lingkungan.

Jumat ke-3 bulan Mei Bike to Work Day atau hari bersepeda ke tempat kerja

JUNI

5 Juni World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia – Pada hari ini, pada tahun 1972, Konferensi Stockholm tentang Lingkungan Manusia diadakan di Swedia. Ada sebuah pertemuan besar dari seluruh dunia dan orang-orang menyatakan kekhawatiran mereka atas masalah lingkungan meningkat.

8 Juni World Ocean Day atau Hari Lautan Sedunia.

15 Juni World Wind Day atau Hari Angin Sedunia.

17 Juni World Day to Combat Desertification and Drought atau Hari Perang melawan Gurunisasi dan Kekeringan Sedunia -

JULI

11 Juli World Population Day atau Hari Populasi Dunia – Populasi harus diberi perhatian khusus, karena merupakan masalah yang terus meningkat terutama di India.

29 Juli International Tiger Day atau Hari Harimau Internasional – Sebuah perayaan tahunan untuk meningkatkan kesadaran untuk konservasi harimau. Itu dibuat pada tahun 2010 di Saint Petersburg Tiger Summit.  Tujuannya adalah untuk mempromosikan sebuah sistem global untuk melindungi habitat alami harimau dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan dukungan untuk masalah konservasi harimau

AGUSTUS

belum tercatat

SEPTEMBER

16 September World Ozone Day atau Hari Ozon Dunia – PBB menyatakan hari ini sebagai Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon. Ini adalah hari Protokol Montreal ditandatangani.

17-19  September Clean Up World atau Bersihkan dunia – berbasis komunitas, kampanye lingkungan yang mengilhami dan memberdayakan masyarakat di seluruh dunia untuk membersihkan, memperbaiki dan melestarikan lingkungan mereka. Acara utama kampanye ini adalah Clean Up Weekend Dunia, dirayakan secara global pada akhir pekan ke-3 bulan September setiap tahun, namun Clean Up the World mendorong dan mendukung kelompok untuk melakukan kegiatan sepanjang tahun. Acara ‘Bersihkan Dunia’ ini didirikan pada tahun 1993, setelah pendiri  Clean Up Australia, Ian Kiernan dan Kim McKay, mendekati United Nations Environment Programme (UNEP), dengan ide mengambil konsep Clean Up Australia secara global. Kemitraan yang dihasilkan sekarang memobilisasi diperkirakan 35 juta relawan dari 120 negara setiap tahunnya, membuatnya menjadi salah satu komunitas berbasis kampanye terbesar lingkungan di dunia.

UNEP membantu Clean Up the World untuk mempromosikan kampanye dan mendorong partisipasi melalui jaringannya Clean Up the World bekerja di enam wilayah global diidentifikasi oleh PBB dan dalam tiga bahasa – Inggris, Perancis dan Spanyol. Pada tahun 1998, Ian Kiernan dianugerahi UNEP, Sasakawa Prize untuk Lingkungan visi dan pelaksanaan gerakan lingkungan di seluruh dunia.

18 September World Water Monitoring Day atau Hari Pemantauan Air Sedunia – didirikan pada tahun 2003 oleh Yayasan Air Bersih Amerika sebagai program penjangkauan dunia pendidikan yang bertujuan untuk membangun kesadaran publik dan keterlibatan dalam melindungi sumber daya air di seluruh dunia dengan memberdayakan warga untuk melakukan pemantauan dasar badan-badan lokal air mereka. Sebuah tes kit sederhana memungkinkan semua orang, anak-anak dan orang dewasa, untuk sampel air setempat untuk satu set parameter kualitas air termasuk suhu, keasaman (pH), kejernihan (kekeruhan) dan oksigen terlarut (DO) Hasil tersebut kemudian dibagi dengan masyarakat yang berpartisipasi sekitar. seluruh dunia melalui situs WWMD.

Hari Pemantauan Air Sedunia dirayakan pada tanggal 18 September. Itu awalnya dipilih untuk menjadi sebulan kemudian (18 Oktober) untuk mengakui peringatan Air US Clean Act, yang disahkan oleh Kongres AS pada tahun 1972 untuk memulihkan dan melindungi air negara sumber daya. pada tahun 2007, tanggal itu berubah untuk memfasilitasi partisipasi dalam bagian dunia di mana suhu mencapai titik beku pada waktu itu. Pada tahun 2006, ditransfer koordinasi acara untuk  Water Environment Federation (WEF) dan  International Water Association (IWA). Tujuan kolektif adalah untuk memperluas partisipasi satu juta orang di 100 negara pada tahun 2012. Tahun 2008 siswa dari Indonesia  ke Arkansas  mengambil bagian dalam pengambilan sampel air untuk membawa perhatian pada pentingnya kualitas air.

21 September Zero Emission Day atau Hari Nol Emisi Sedunia.

28 September Green Consumer Day atau Hari Konsumen Hijau – Masalah konsumerisme dan dampaknya terhadap lingkungan adalah daerah yang menjadi perhatian utama di dunia saat ini. Membangun kesadaran tentang pentingnya daur ulang-menggunakan kembali-mengurangi harus diambil serius.

Hari Minggu terakhir bulan September World Rivers Day atau Hari Sungai Sedunia – Didirikan pada tahun 2005, itu menyoroti nilai banyak sungai dan berusaha untuk meningkatkan kesadaran publik sementara mendorong peningkatan pengelolaan sungai di seluruh dunia. Dunia Rivers Day terjadi setiap tahun pada hari Minggu terakhir bulan September.

OKTOBER

Senin ke-1 bulan Oktober World Habitat Day atau Hari Habitat Sedunia – Secara resmi ditunjuk oleh PBB dan pertama kali dirayakan pada tahun 1986 Tujuan hari ini adalah untuk merefleksikan keadaan kota dan kota-kota dan hak asasi manusia untuk tempat tinggal yang memadai.. Hal ini juga bertujuan untuk mengingatkan dunia tanggung jawab kolektif untuk habitat generasi mendatang.

3 Oktober World Habitat Day atau Hari Habitat Dunia – Bumi adalah habitat tidak hanya manusia tetapi juga semua makhluk hidup. Meningkatnya aktivitas manusia yang mengancam habitat makhluk hidup lainnya.

01-07 Oktober World Wildlife Week atau Minggu Satwa Liar Dunia – Di minggu ini merayakan dengan membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian satwa liar kami.
4 Oktober World Animal Welfare Day atau Hari Kesejahteraan Hewan Dunia – Kesejahteraan hewan harus melihat ke dalam dan diberikan karena pentingnya.

13 Oktober International Day for Natural Disaster Reduction atau Hari Internasional untuk Pengurangan Bencana Alam-Karena adanya perubahan dalam lingkungan telah terjadi peningkatan jumlah bencana alam. Upaya harus dilakukan untuk mengurangi bencana.

22 Oktober World Planting Day atau Hari Penanaman Sedunia.

24 Oktober International Day of Climate Action atau Hari Aksi Iklim Internasional – dorganisir oleh 350.org untuk mempenegaruhi delegasi-delegasi yang akan menghadiri pertemuan UNFCCC pada bulan Desember 2009. Merupakan kampanye global pertama yang diorganisir oleh sebuah data pon inlmiah. Aksi ini diorganisir oleh 350.org termasuk membuat gambaran yang besar angka “350″, reli, karnaval, bersepeda, penanaman pohon,makan malam bebas karbon, merenovasi rumah untuk menghemat energi dan masih banyak lagi. organisasi ini melaporkan lebih dari 5200 demonstran yang terlibat di 181 negara pada hari tersebut.

NOVEMBER

belum tercatat

DESEMBER

2 Desember Hari Tragedi Bhopal – Tandai kesempatan ini dengan mengambil janji untuk dimasukkan ke dalam upaya terbaik Anda untuk mencegah tragedi semacam ini terjadi lagi.

5 Desember World Soil Day atau Hari Tanah Sedunia.

11 Desember  International Mountain Day atau Hari Gunung Sedunia – desain oleh PBB pada tahun 2003. Dewan PBB menganjurkan komunitas nasional untuk mengorganisir pada semua level untuk memperingati pentingan perkebangna gunung berkelanjutan. Hari tersebut diperingati setiap tahun dengan tema yang berbeda yang relevan dengan pengembangan gunung berkelanjutan dan FAO bertindak sebagai pemimpinnya. Tema di tahun 2010 adalah “minoritas pegunungan dan masyarakat adat” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai masyarakat adat dan minoritas yang tinggal di gunung dan hubungannya dengan warisan budaya dan tradisi.

Apa yang bisa Anda lakukan di hari-hari tersebut?

Pada hari-hari ini Anda bisa membuat acara-acara yang menarik yang bisa dilakukan di lingkungan sekitar Anda, bisa di rumah, sekolah atau di pertemuan tetangga.  Misalnya dengan mengadakan lomba yang menyangkut lingkungan bisa berupa lomba puisi, lomba debat, lomba melukis, lomba poster, lomba fotografi, lomba pidato, mengadakan diskusi tentang lingkungan, menanam pepohonan, mengadakan acara bersih-bersih di lingkungan Anda dan masih banyak lagi tentunya.

 Diposkan oleh: 
 RudyKarnadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar