Welcome to Mapraba 2016, Biarkan Alam yang Menjawabnya

Awal tahun 2016 pengurus harian Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muslim Indonesia (Mapala UMI) periode 2015-2016 telah resmi membuka pendaftaran untuk perekrutan anggota baru.


Setidaknya penerimaan atau perekrutan anggota baru ini  biasanya dilaksanakan dua tahun sekali, atau sekali dalam setahun, tergantung kebutuhan organisasi. Jika pengurus membutuhkan anggota baru.


Dari hasil keputusan rapat pengurus harian Mapala UMI Makassar bekerja sama dengan seluruh anggota Mapala UMI maka menetapkan pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapraba) 2016. Pengambilan formulir terbuka pada tanggal 8 s/d 23 Desember 2016 oleh calon peserta Mapraba 2016.


Sejak tanggal itu juga pengurus harian secara resmi membuka pendaftaran Mapraba dan membentuk panitianya. Dengan jumlah pendaftar yang cukup terbilang banyak, mencapai ratusan peserta mahasiswa aktif dari berbagai fakultas yang ada di Kampus UMI.

Selanjutnya memasuki tahap seleksi berkas, bagi pendaftar yang lulus seleksi berkas wajib juga mengkuti tes wawancara. Setelah dinyatakan lulus test wawancara pendaftar wajib pula mengikuti aturan-aturan yang telah dibuat panitia Mapraba yaitu seperti latihan fisik tiap sore. Latihan fisiknya sendiri adalah jogging keliling kampus.




Tak hanya itu, peserta juga harus tepat waktu dan berpakaian rapi saat mengikuti segala tahapan masa peneriamaan anggota baru ini. Sembari mengikuti semua aturan yang telah dibuat panitia peserta juga dibekali materi.

Memasuki tahap pembekalan materi yaitu materi Indoor pada tanggal 24 Januari 2016. Dari beberapa tahap seleksi yang ada di atas hingga saat ini sudah 93 pendaftar lulus hingga memasuki tahap materi indoor.

Bagi peserta sendiri wajib mengikuti materi indoor selama dua pekan, peserta wajib berpakaian rapi dan memakai sepatu saat mengikuti materi. Kegiatan indoor ini bertujuan untuk menerima materi dasar setiap devisi yang ada di Mapala UMI dan juga materi dasar kepecinta-alaman sebagai bekal
mereka dilapangan.


Nah, materi inilah yang nantinya akan diaplikasikan jika sudah berada di lapangan saat out door nanti. Selain itu, ada simulasi lapangan yang wajib diikuti peserta dari beberapa materi diatas, seperti mengukur kedalaman gua, navigasi, penyebrangan basah dan kering, cara packing hingga cara pengambilan data.

Setelah semua tahapan seleksi sudah rampung, serta mengikuti latihan fisik, maka peserta Mapraba yang lulus dengan kriteria tertentu berhak mengikuti seleksi alam ke lapangan (Outdoor).


Karena bagi kami gunung adalah bayang- bayang kehidupan, puncaknya adalah cita-cita, lerengnya adalah usaha, lembahnya adalah iman dan pengetahuan, hutannya adalah anugerah, karena dengan menyatu bersama alam jati diri yang sesungguhnya akan tepancarkan.. Siapkah diri anda...? biarkan alam yang menjawabnya.!

Oleh: Uzman Rahman, Angkatan Riuh Bahana (RBH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar