Penjemputan Mapraba 2014 Mapala UMI di Bislab

Mapraba 2014 Mapala UMI Makassar
Pagi itu panitia dan peserta Mapraba Mapala UMI menuju Bawa Leang melewati sungai. Peserta Mapraba yang memakai baju orange itu mengikuti pendidikan dasar selama 14 hari didampingi panitia jalan. Kegiatan itu salah satu tahap seleksi untuk menjadi bagian dari keluarga besar Mapala UMI Makassar yang dilaksanakan oleh panitia Mapraba 2014.


Setelah upacara serah terima, Panitia Gerombolan  Gunung Hutan  yang mendampingi peserta selama melintasi kawasan hutan belantara kabupaten Gowa-Maros mengunjungi kediaman Tata Massing untuk istirahat.

Berdoa sebelum berangkat, Panitia jalan gerombolan gunung hutan

Tata Massing adalah warga Bawa Leang yang sudah lama menetap di daerah bebatuan karst itu selama puluhan tahun. Ia tak sendiri di daerah itu, Tata memiliki istri dan beberapa anak. Tata mengetahui sejarah awal masuknya Mapala UMI di daerah sekitar tempat tinggalnya. Ia banyak menyimpan cerita manis tentang sejarah awal masuknya Mapala UMI di Bawa Leang. Sesekali ia bertanya dengan logat khasnya kepada Panitia. Tata menayakan senior-senior terdahulu Mapala UMI yang sering mengujunginya saat pertama kali merintis jalur Biseang Labboro.

Di Bawa Leang peserta nginap selama satu hari dua malam. Peserta mendirikan Camp sebagai tempat mereka istirahat. Selama di Bawa Leang peserta mengaplikasikan materi Susur Gua (Caving). Sedangkan beberapa panitia jalan mendirikan Camp di dekat rumah Tata Massing.



Tempat Camp (Bislab)

Jumat 7 Januari perjalanan dilanjutkan menuju Jatia, lokasi para peserta akan mengaplikasikan materi Rock Climbing (RC). Lokasi pemanjatan para peserta banyak ditumbuhi pohon Jati disekitarnya, anak Mapala UMI menyebutnya Jatia. Seperti di Bawa Leang acara penjemputan serah terima juga berlangsung di Jatia dimana serah terima peserta dari panitia Caving ke panita Rock Climbing (RC).



Aplikasi materi RC, Spanduk panitia yang bertugas di tebing

Lokasi yang ditumbuhi banyak pohon Jati itu rupanya sudah banyak senior-senior yang berdatangan dari daerah maupun dari Makassar, bahkan ada dari luar pulau Sulawesi. Siang hingga petang menjelang senior-senior yang berdatangan semakin bertambah jumlahnya. Ada  yang datang bersama dengan anak dan istrinya. Mereka sengaja datang di Jatia untuk melihat peserta Mapraba yang merupakan calon generasi pelanjut Organisasi Pecinta Alam tertua di Indonesia Timur itu.


Foto bersama, para senior yg hadir dari berbagai angkatan

Hingga petang menjelang gemercik air sungai yang dekat dari tempat camp itu masih berbunyi, airnya mengalir hingga ke cela-cela bebatuan. Sesekali beberapa panitia dan senior-senior lalu lalang ditepi sungai sekitar api unggun. Momen ini menjadi ajang silahturahim sesama anggota Mapala UMI. Mereka membawa sejuta rindu untuk melepasnya di Jatia.

Tempat Camp senior-senior sudah mulai ramai, terlihat juga beberapa senior-senior bercengkrama sesama angkatannya di tenda. 
Aplikasi materi Rock Climbing (RC) yang diberikan kepada peserta berlangsung selama dua hari. Mengisi waktu yang kosong di Jatia beberapa panitia yang tak bertugas tampak sibuk, ada yang memasak, bakar-bakar ikan, ada juga yang mencari mengumpulkan kayu bakar untuk membuat perapian.

Malam harinya peserta diundang oleh senior-senior untuk makan bersama. Malam itu melingkari api unggun duduk sila saling berhadapan ditanah beralaskan matras. Acara makan malam itu menambah suasana kekeluargaan sesama anggota Mapala UMI.


Gerombolan Putri Mapala UMI Makassar (Bislab 2014)

Pengukuhan Anggota Muda di Kolam Air Mata (Bislab)


Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muslim Indonesia (Mapala UMI) Tahun 2014 ini melahirkan dan mengukuhkan  anggota baru angkatan ke 20 dengan jumlah 49 orang yang berhasil menyelesaikan keseleruhan rangkaian kegiatan MAPRABA pada Pendidikan Dasar Angkatan ke XX MAPALA UMI. 

Sukses mengikuti  kegiatan alam bebas (outdoor) selama dua pekan yang merupakan tahap seleksi alam dan tahapan aplikasi materi yang telah diterima selama lebih dari sepekan pada saat kegiatan indoor dan simulasi. Ke 49 Mahasiswa dari beberapa fakultas yang ada di kampus hijau itu resmi menjadi anggota muda di Mapala UMI setelah dikukuhkan di Biseang Labboro (Bislab), Kab. Maros, Minggu, (09/03/2014) 
 


Simulasi tehnik penyebrangan kering di Titik Nol (Sekretariat)


Simulasi Tehnik Penyebrangan Kering (Sekretariat)

Bislab merupakan camp pelatihan dasar Mapala UMI yang telah digunakan sejak Tahun 1980-an. Pengukuhan anggota muda itu dihadiri ratusan senior-senior Mapala UMI dari berbagai angkatan. Kolam air mata yang biasa disebut oleh anggota Mapala UMI itu dipadati seluruh anggota Mapala yang mengenakan baju berlogo, lambang kebesaran MAPALA UMI dan mengenakan syal/slayer berwarna orange maupun biru serta atribut Mapala UMI lainnya.
 


Senyum Bahagia Peserta Mapraba 2014 pada etape hari terakhir Bislab 2014

Mereka berdiri membentuk lingkaran persaudaraan mengelilingi sungai untuk menjemput anggota barunya. Alvian, Koordinator Lapangan, mengatakan, para peserta calon anggota yang berangkat mengikuti kegiatan indoor berjumlah 54 orang dan mengikuti pelepasan di halaman Aud. Al-jibra (24/02) tetapi 49 peserta saja yang resmi menjadi anggota. 5 diantaranya dipulangkan karena tidak lulus saat mengikuti aplikasi materi kepecinta alaman selama kegiatan berlangsung.


Saling rangkul dilingkaran persaudaraan Mapala UMI (Bislab 2014)


Lingkaran Persaudaraan Mapala UMI (Bislab 2014)


Budaya saling Memaafkan dlm keluarga besar Mapala UMI. Tak terasa tangisanpun mengalir di kolam air mata (Bislab 2014)

“Bukan hanya aplikasi materi saja yang kami berikan kepada peserta Mapraba, tapi yang utama bagaimana caranya bisa menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitar, membentuk mental karakter kepribadian mereka agar selalu disiplin. Menghargai semua mahluk ciptaan tuhan dan menghormati yang lebih tua dan sesama saudara. Selamat kepada peserta yang lulus, selamat datang dikeluarga besar kami,” kata Alvian, koordinator lapangan.


Senyum Bangga & Tangis Mapraba 2014 Mapala UMI setelah dikukuhkan 

Setelah acara pengukuhan angkatan ke-20 Mapala UMI itu, mereka kemudian membentuk lingkaran saling merangkul berpegang erat dengan senior-senior dan seluruh anggota Mapala UMI lainnya. Selamat Datang orang-orang yang terpilih. Jayalah selalu MAPALA UMI...!!!


Sumber: palma-badaibelantara.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar