Anggota Mapala UMI Latihan (Simulasi SAR) Search and Rescue

 latihan simulasi Search and Rescue menggunakan tali
Pengurus harian Mapala UMI Makassar, Departemen SAR dan Ekspedisi pada hari Jumat 29 Mei 2015 di Titik Nol, kembali memberikan materi Search and Rescu(SAR) kepada anggota muda angkatan Riuh Bahana berupa latihan simulasi mencari atau menyelamatkan orang hilang.


Dalam latihan simulasi ini kita me
mpelajari tentang bagaimana kita berusaha untuk mencari, menolong, atau menyelamatkan orang yang hilang menggunakan tehnik vertical rescue, kepada orang yang terkena musibah dalam perjalanannya, juga orang yang terkena bencana alam seperti tertimpa longsor, banjir dan semacamnya.

Tim SAR Mapala UMI ikut serta dalam latihan
 materi Search and Rescue ini, guna untuk memenuhi kebutuhan skill lapangan dalam setiap kegiatan outdoor yang dilaksanakan. Pengaplikasian materi Search and Rescue dilaksanakan di halaman sekretariat Mapala UMI, yang dibawakan oleh kakanda Jusli, angkatan Badai Belantara.

Pengurus harian Mapala UMI mewajibkan seluruh anggotanya untuk menguasai materi ini serta pengaplikasiannya agar sewaktu-waktu ketika ada yang membutuhkan pertolongan anggota Mapala UMI sudah siap siaga, bisa langsung diturunkan dalam mengevakuasi membantu pencarian.


Selain dari itu, materi SAR ini sangatlah penting pada saat berkegiatan di alam terbuka. Materi yang wajib dipelajari bagi setiap anggota Mapala UMI yang melakukan P-NRA devisi masing-masing. Di dalam dunia kepecinta-alaman juga, sebab istilah SAR telah digunakan secara Internasional, tak heran jika ilmu ini sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta alam Indonesia.(*/her)


Oleh: Cinnong RBH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar