Buka Puasa Bersama Anak Yatim Dirangkaikan Acara Pengukuhan

Bertempat di halaman sekretariat Roemahnya Mapala UMI, kegiatan buka puasa bersama cukup meriah. Anak-anak yang diundang oleh pengurus, dalam kegiatan tersebut berasal panti asuhan Berkah Ilahi yang berdomisili di Kota Makassar.

Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin yang di adakan setiap bulan suci ramadan, guna memperherat tali persaudaraan antara senior-senior dan lembaga UKM yang ada di UMI dan sesama pecinta alam UKM Mapala tingkat Universitas se-kota Makassar, komunitas pecinta alam.

Acara berlangsung cukup meriah karena acara tersebut juga di hadiri oleh UKM Mapala tingkat Universitas se-kota Makassar, organisasi internal (UKM, BLM, BEM, dan Himpunan se UMI) dan organisasi external yang aktif di Kampus UMI. Acara makin meriah dengan hadirnya dewan senior dan dewan pembina Mapala UMI yang selalu men-support segala bentuk kegiatan Mapala UMI yang positif.



“Hari ini bukan hanya adik-adik saja yang berbahagia, tetapi kami semua. Semoga dilain kesempatan, bisa kembali melakukan kegiatan seperti ini” ungkap Ketua Panitia, Riandra.

Ketua Umum Mapala UMI, Syahdan mengaku menggelar buka puasa bersama ini untuk berbagi kebahagiaan. “Kami ingin anak-anak yatim ini senang, dan kami dari keluarga besar Mapala UMI mendapat berkah dari Allah di Ramadan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini semakin khidamat dengan adanya kultum sebelum berbuka puasa, ustdaz yang di undang oleh Pantia buka puasa dalam ceramahnya mengatakan :

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ (رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صحيح)

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

Termasuk nikmat dari Allah subhanahu wata’ala atas hamba-hamba-Nya, Allah mensyariatkan tolong-menolong di atas kebaikan dan ketakwaan. Dan termasuk tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan ini adalah memberi makanan berbuka bagi orang yang sedang berpuasa, apa lagi berbagi dengan anak yatim piatu, sungguh kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan semoga Allah membalas kebaikan dari Mapala UMIdengan kebaikan yang lebih baik.
.


Di penghujung malam saat selesai shalat tarwih kegiatan malam itu ditutup dengan pengukuhan anggota penuh, yang telah melakukan Pengambilan Nomor Registrasi Anggota, berjumlahkan sepuluh orang yang terdiri dari tim Diving Pulau Karampuang dan Tim Gunung Hutan Gandang Dewata 2014. Kedua tim ini dikukuhkan pada malam yang penuh berkah di bulan suci ramadan di tambah lagi begitu banyaknya senior Mapala UMI yang menyaksikan pengukuhan tersebut.

“Slayer Orange yang kami kenakan sekarang bukanlah tujuan akhir tapi adalah tujuan utama kami telah melalui proses tersebut, karena itu kami akan selalu ada untuk Mapala UMI. Malam ini kami merasa sangat bahagia dan besyukur bisa menjadi bagian dari keluarga besar Mapala UMI Makassar.”


“Jaga Nama baik nama besar Besar Mapala UMI” ucap salah satu senior saat hendak mengalungkan slayer orange kepada anggota yang dikukuhkan pada malam itu. Acara pengukuahan tersebut ditutup dengan pembacaan doa oleh seluruh anggota Mapala UMI Makassar yang menyaksikan pengukuhan.

Makassar, 20 ramadhan 1436 H / 5 Juli 2015.
Oleh: Ahmad Yani / Uzman Rahman

1 komentar:

  1. Semoga Lebih Baik Lagi di kemudian Hari,,, Bravo MAPALA UMI Makassar,,, Amin.

    BalasHapus