Anggota Muda Belajar Jurnalistik Kepetualangan

Anggota muda mengikuti materi Jurnalistik
Pengurus Mapala UMI Makassar memberikan materi Jurnalistik dan Fotografi kepada anggota muda yang sedang mengikuti tahap pendidikan lanjutan (pemantapan) sebelum turun lapangan. Pendidikan lanjutan ini adalah salah satu kewajiban dari setiap anggota Mapala UMI Makassar untuk melangkah ke tahap selanjutnya jenjang pendidikan akhir (PNRA).

Titik nol pada hari Minggu 19 April, tepat pada pukul 15.55 Wita sore di sudut halaman sekretariat dibawah rimbunnya pepohonan, disitu anggota muda menerima ilmu jurnalistik, mereka sangat bersemangat mendengarkan apa yang disampaikan oleh sang pemateri.


Pemantapan kali ini, Departemen Diklat mengundang pemateri dari luar, perwakilan dari koran SINDO Makassar, Rahmy Djafar. Pemateri sengaja didatangkan dari luar agar semua anggota lebih mengenal dunia jurnalistik dan juga sebagai bekal untuk diterapkan selama mengikuti pemantapan. Kepada peserta pemateri memberikan teknik penulisan artikel atau berita dengan menggunakan unsur 5W+1H. Selain itu juga mengajarkan teknik-teknik wawancara.

Terima materi jurnalistik
"Untuk bisa menulis, diperlukan referensi dari banyak membaca, menjadi pembaca yang baik. Menulis harus diasa dan diasa agar terbiasa." kata Rahmy saat membawakan materi.

Jusman, Koordinator Departemen Diklat mengharapkan setiap anggota muda mampu menuliskan kronologi perjalanan didalam laporan setelah dari lapangan dengan tulisan softnews ringan dibaca dan dipahami. "Anggota juga wajib untuk bisa meningkatkan minat menulisnya dan membaca" katanya.

Disamping itu, selain bisa menulis kronologi perjalanan untuk laporannya, Departemen Humas meminta anggota muda menyebarkan kegiatan-kegiatan Mapala UMI lewat tulisan, sebagai sumber informasi, bisa diupdate oleh seluruh anggota Mapala UMI yang sudah berdomisili diluar pulau Sulawesi melalui social media internet laman Web/Blog.

Mengenal Dunia Jurnalistik
Apa lagi anggota yang sering berpetualang di alam bebas diwajibkan menulis cerita perjalanannya kemudian disetor ke Departemen Humas, agar tulisannya bisa dipost ke laman Blog: mapala-umi-makassar.blogspot.com sebagai sumber refrensi bagi anggota lain yang belum pernah ketempat yang dituju.

Oleh: Andri, NUA 14.720.RBH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar