Kamis, 20 Juni 2013

Tim Simulasi Buntu Latimojong 2013 Mapala UMI

Personel tim Buntu Latimojong 2013 

Tim ekspedisi gunung hutan Mapala UMI Makassar dengan nama tim "Buntu Latimojong 2013" melakukan simulasi lapangan di Dusun Cenre, Desa Terrasa, Kec. Sinjai Barat, Kab. Sinjai. Struktur personel tim yakni ketua tim Jusman, sekertaris Ardan, bendahara Safitri, anggota Bahtiar, Boy, dan Drisman. Simulasi lapangan ini merupakan rangkaian kegiatan tim Buntu Latimojong 2013 dalam proses pengambilan nomor registrasi anggota penuh (NRA). Tim dilepas oleh ketua umum Mapala UMI, Armansyah didampingi pengurus dan disaksikan anggota Mapala UMI lainnya di sekretariat Mapala UMI Makassar (Titik Nol) Kamis, 20 Juni 2013.

Sebelum turun lapangan, fisik dan mental terlebih dahulu dipersiapkan  oleh tim. Serta didukung dengan logistic yang sudah direncanakan dan berupa alat-alat pendukung selama diperjalanan seperti peralatan navigasi, dan P3K/PPGD. Juga dibekali  materi terkait kepencinta-alaman seperti, materi tali-temali, materi navigasi, materi survival, materi P3K/PPGD dan materi pendukung lainnya.


Perizinan dan administrasi persuratan juga sangat menunjang kegiatan tim Buntu Latimojong 2013. Surat perizinan dari Kapolda Sulselbar, surat berbadan sehat dari Rumah Sakit, surat rekomendasi dari Bakesbang serta surat rekomendasi kegiatan dari pihak birokrasi Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Tiba di Dusun Cenre, Desa Terrasa, Kec. Sinjai Barat, Kab. Sinjai, tim melakukan Sosiologi Pedesaan (Sosped) selama satu hari. Sesuai perencanaan di schdule perjalanan, tim meninggalkan Dusun Cenre pada tanggal 21 Juni dan berada di lapangan selama 10 hari. Dalam perjalanan melintasi kawasan hutan belantara Sinjai-Gowa adapun yang wajib dilakukan oleh tim yakni mengambil data flora-fauna, data kordinat tiap camp, data navigasi, sumber air, kerusakan lingkungan, dan data transportasi

Selain mendata, tim juga harus melewati beberapa target poin yang diberikan oleh pembimbing sesuai titik kordinat dari lembar peta Sinjai-Gowa. Target poin pertama yaitu puncak Bonto Ajidutngoe dengan ketinggian 1362 mdpl, kedua puncak Bonto Pocimmanuk ketinggian 1602 mdpl, ketiga puncak Bulu Bata dengan ketinggian 1557 mdpl, dan yang keempat sekaligus top yaitu puncak Bulu Bohonglangi dengan ketinggian 1940 mdpl. Posisi titik kordinat puncak Bulu Bohonglangi yaitu 119°56`10” Bujur Timur,  kemudian 05°07`46” Lintang Selatan

Finish di Desa Pao, Kab. Gowa dan kembali di sekretariat Mapala UMI pada tanggal 30 Juni 2013 menggunakan mobil angkutan umum. Tim membuat laporan hasil  perjalanannya dan dipersentasekan ke pengurus Mapala UMI pada waktu yang sudah ditetapkan. Tim kembali latihan fisik seperti biasa setelah laporan simulasinya diserahkan kepada pengurus. Tim ini rencananya akan melalukan pengambilan nomor registrasi anggota penuh di Buntu Latimojong, Kabupaten Enrekang. Dengan jalur yang berbeda.(*)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar