Begini cara Kartini Mapala UMI memperingati hari Kartini

Gerombolan putri Mapala UMI menggelar sunatan massal atau khitanan bagi anak-anak yang kurang mampu di sebuah dusun terpencil. Yaitu Dusun Malenteng, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.

Untuk sampai di Dusun ini, para kartini-kartini tangguh Mapala UMI menumpangi mobil bak terbuka untuk bisa sampai di dusun yang dikenal sebagai dusun penghasil beras merah itu.


Jalanan yang dilalui berkelok-kelok dan jalan masuk ke Dusun Malenteng masih bertanah merah bercampur lumpur.


Kegiatan bakti sosial dibuat oleh Gerombolan Putri Mapala (GPM) yang melibatkan, TBM UMI, Diafragma UMI dan KSR kegiatan di Dusun Malenteng, berlansung selama tiga hari.

“Kegiatan ini tidak hanya para putri Mapala tapi diikuti seluruh anggota Mapala UMI kegiatan kami berupa Sircumsisi,  pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, secara gratis kepada masyarakat setempat,” kata Anriadi Ketua Umum Mapala UMI Makassar.


Kedatangan anggota Mapala tertua di Indonesia Timur itu, langsung diterima dengan baik oleh kepala Dusun setempat.

Keesokan harinya pada tanggal 11 Mei 2017, sekitar pukul 7.30 wita persiapkan kegiatan yaitu sircimsisi dan pemeriksaan kesehatan, di sekolah dasar.

“Kami melakukan persiapan  sambil menunggu tim yang akan meyusul yaitu tim medis, kami  sarapan seperti biasa di dusun malenteng yang terkenal dengan beras merahnya dan sayur mayurnya,” kata Koordinator GPM Mapala UMI Sahri Wahyuni, Senin15 Mei 2017

Dikatakan, Sahri, pembukaan kegiatan berjalan lancar dan para warga dusun Malenteng sangat berantusias mengikuti pemeriksaan kesehatan kesehatan gratis.


Anak yang melakukan sircum rata-rata berumur 7 sampai 9 tahun. Begitu juga dengan pemeriksaan kesehatan ibu dan bapak sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini,” tambah Sahri.

Tim medis dan beberapa anggota Mapala mendatangi satu persatu rumah warga yang tidak bisa hadir di pemeriksaan.


Anggota Mapala UMI lainya sebagian melakukan aksi bersih di sepanjang jalan dusun Malenteng, untuk memberikan inspirasi tersendiri bagi warga setempat. Hal ini dilakukan agar warga tidak membuang sampah sembarangan, untuk tetap menjaga kelestarian alam desanya.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, para Anggota tidak lupa berdoa sebagai rasa syukur atas suksesnya aksi sosial ini.

Editor : HUMAS MAPALA UMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar